Cetak
Kategori: Berita
Dilihat: 22

        Puskesmas Tanjung Unggat merupakan puskesmas terakhir yang diresmikan di Kota Tanjungpinang, yang diresmikan pada tanggal 22 September 2014. Puskesmas Tanjung Unggat adalah puskesmas hasil pemekaran dari Puskesmas Sei Jang, yang sebelumnya puskesmas ini adalah puskesmas pembantu. Kemudian dilakukan renofasi terhadap gedung puskesmas dan diresmikan pada tanggal 05 Januari 2019. Puskesmas ini memiliki wilayah kerja yang mencakup satu Kelurahan, yaitu Kelurahan Tanjung Unggat yang memilki luas wilayah 10,50 Km2 yang letaknya di tengah kota Tanjungpinang yang cukup strategis, pemukiman yang padat penduduk di sekitar pesisir, produktifitas sedang, curah hujan yang cukup antara 2000-3000 mm/tahun dengan ketinggian tanah dari permukaan laut ± 2 meter.

        Adapun yang menjadi visi Puskesmas Tanjung Unggat Tahun 2018 adalah “Puskesmas Dengan Pelayanan Kesehatan Prima Menuju Masyarakat Tanjung Unggat yang Sehat dan Mandiri” Berdasarkan visi diatas, dapat dijelaskan bahwa Kelurahan Tanjung Unggat Sehat adalah masyarakat kelurahan yang sehat baik secara jasmani, rohani serta sosialnya, yang dilakukan melalui upaya pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata serta dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat sehingga tercapai derajat kesehatan yang maksimal.

Dalam rangka mewujudkan visi tersebut, maka ditetapkanlah misi Puskesmas Tanjung Unggat sebagai berikut.

1. Menciptakan Masyarakat Tanjung Unggat yang Mandiri dalam Pelayanan Kesehatan.

2. Menciptakan Pelayanan Kesehatan yang Adil dan Merata

3. Meningkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Sumber Daya Manusia Kesehatan

4. Menjalin Hubungan Lintas Sektoral yang Berkualitas

Berdasarkan Visi dan Misi tersebut, maka dari itu Puskesmas Tanjung Unggat melakukan Upaya kesehatan berupa Upaya Kesehatan Masyarakat serta Upaya Kesehatan Perorangan. Adapun jenis pelayanan kesehatan yang dapat dilakukan di Puskesmas Tanjung Unggat terdiri dari :

1. Pelayanan Umum

2. Pelayanan Anak dan MTBS

3. Pelayanan KIA-KB

4. Pelayanan Gigi dan Mulut

5. Gawat Darurat

6. Klinik Konseling (Gizi, Sanitasi,IMS, VCT dan Kespro)

7. Imunisasi

8. Laboraturium

9. Farmasi