Puskesmas Keliling merupakan jaringan pelayanan Puskesmas yang sifatnya bergerak untuk meningkatkan jangkauan dan kualitas pelayanan bagi masyarakat di wilayah kerja Puskesmas yang belum terjangkau oleh pelayanan dalam gedung Puskesmas. Tujuan dari Puskesmas Keliling adalah untuk meningkatkan jangkauan dan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat terutama masyarakat di daerah terpencil/sangat terpencil dan terisolasi baik di darat maupun di pulau-pulau kecil serta untuk menyediakan sarana transportasi dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan.

Puskesmas Tanjung Unggat melaksanakan Pelayanan kesehatan puskesmas keliling di wilayah RW 06, Kelurahan Tanjung Unggat, Tanjungpinang pada tanggal 29 Maret 2019. Adapun harapan dari Puskesmas Keliling yang kami laksanakan adalah meningkatnya derajat kesehatan masyarakat melalui kegiatan promofit, preventif, serta kuratif jika diperlukan. selain itu kegiatan ini merupakan wadah puskemas untuk mendekatkan diri kepada masyarakat serta untuk mengetahui permasalahan kesehatan yang terdapat dimasyarakat.

Pada kegiatan kali ini, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB meninjau langsung dan ikut turut serta dikegiatan kali ini. Kegiatan pelayanan kesehatan ini seperti biasa kami awali dengan senam sehat bersama warga, hal ini untuk mendukung program pencegahan terjadinya penyakit dengan melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit perhari. setelah dilakukannya senam sehat di lapangan, selanjutnya kami melakukan kegiatan berikutnya di gedung pertemuan warga yaitu penyuluhan serta sosialisasi kesehatan tentang Penyakit Tidak Menular serta berdiskusi bersama warga, hal ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan warga tentang penyakit tidak menular, dengan meningkatnya pengetahuan warga, kami harapkan terjadinya perubahan sikap serta perilaku masyarakat untuk mencegah terjadinya penyakit khususnya Penyakit Tidak Menular. Setelah dilakukan kegiatan promotif serta preventif, maka selanjutnya kami lakukan kegiatan konsultasi, pengecekan darah, serta pengobatan kepada warga yang ingin berobat.

Kami berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin pada bulan berikutnya, serta kepada petugas puskesmas agar tetap bersemangat untuk menyehatkan masyarakat dan tetap kompak selalu